Salto Angel

Mau liat air terjun tertinggi di dunia?yuk jalan jalan ke Taman Nasional Canaima,venezuela!

Yang Tersembunyi 
Salto Angel atau Angel Falls!
Itulah nama populer air terjun tertinggi di dunia.Nama itu diambil dari nama seorang penerbang amerika,Pak James Crawford Angel.
Pada tahun 1933, Pak Angel terbang untuk mencari lokasi tambang emas.Dipedalaman hutan Venezuela,Pak Angel melihat air terjun yang sangat tinggi.Namun,saat itu dia hanya mengamati dari pesawat terbang.Baru pada tahun 1937,Pak angel kembali terbang dan mendaratkan pesawatnya ke air terjun itu.



Oleh karena letaknya jauh tersembunyi di pedalaman hutan,air terjun itu jarang diketahui orang.Salto Angel baru populer ke seluruh dunia setelah Pak Angel mengunjunginya.
Namun sekarang,nama Salto Angel atau Angel Falls diubah menjadi Kerepakupai Meru.Nama tersebut diambil dari bahasa India Pemon.Artinya,air terjun dari tempat yang terdalam.

Yang Tertinggi
979 meter!
Itulah ketinggian Salto Angel.Coba yuk kita bandingkan dengan Monas yang tingginya 132 meter! Kira-kira,air terjun ini 7 kali lebih tinggi dari Monas loooo.....


Kerepakupai  Meru atau Salto Angel diukur ketinggiannya pada tahun 1949.Pengukuran tersebut dilakukan oleh sebuah lembaga bernama Geographic Society.Uniknya,yang melakukan survei ketinggian air terjun tersebut adalah seorang wartawan perempuan.Namanya,Bu Ruth Robertson.
Kerepakupai Meru terletak di Rio Caroni,Venezuela.Air tersebut jatuh dari gunung berpuncak datar bernama Auyantepui.Air terjun kerepakupai Meru kemudian mengalir menuju sungai Churun.



Wow! saking tingginya Salto Angel seperti air terjun dari balik awan! Salah satu keajaiban dunia yang harus kita jaga kelestariannya.

By : Ryan

Komentar

Postingan Populer