Burung Frigate

Frigate adalah burung laut yang memiliki sayap yang lebar.Ia masih bersaudara dengan burung Pelican.Banyak orang bilang,ia burung laut yang paling anggun.Namun,ia juga di juluki Si Burung Bajak Laut (Pirate Bird).Apa sebabnya yaaaaa....???

Leeebar dan Muuuungil...
Burung Frigate tinggal di daerah pesisir pantai tropis.Juga di pulau-pulau tak berpenghuni.Mereka biasanya hidup dalam kelompok besar.Panjang tubuh Frigate dewasa,ya kira-kira 100 cm.Jika sayapnya direntangkan,waaaw...lebarnya kira-kira 240 cm! Namun sebaliknya,kakinya sangat mungil.

Geeembung dan Meeerah...
Burung Frigate jantan memiliki keunikan.kalau ingin menarik perhatian burung betina,kantong di lehernya akan ia  gembungkan.Kantong itu berwarna merah menyala.Wups,sebesar balon! Tentu saja Frigate betina jadi tertarik padanya.Tetapi,hati-hati,Pak Frigate! Jangan sampai "balon merahnya"meledak looooo
 
Sambaaar,Jangan basaaah!
Bulu-bulu burung Frigate Dewasa,tidak dilapisi banyak minyak.Berarti,sayapnya tidak tahan air (tidak waterproof).Itu sebabnya,Frigate tidak suka mendarat di permukaan air walaupun ia suka makan ikan.Lalu,bagaimana cara ia mendapat ikan? Mmm<Frigate akan menyambar cepat ikan yang dijatuhkan burung laut lain yang panik.Pintar ya...(^_^)


Selain untuk menangkap ikan,Paruh Frigate punya kegunaan lain loo.Pertama,untuk menyerang lawan.Kedua,Untuk merampas ikan milik burung laut lainnya.Itulah sebabnya, Frigate dijuluki Si Burung Bajak Laut.Ya,katanya anguuun...kok,suka mencuriii...

     Fun Fact :
  • Pada musim bertelur,burung Frigate betina hanya bertelur satu butir.Bapak dan induk burung  bergantian memberi makan bayi kecil mereka.
  • Dengan paruhnya yang panjang,burung Frigate bisa mematuk ikan di laut tanpa membasahi bulu-bulu tubuhnya
  • Burung Frigate dapat terbang tanpa henti selama seminggu,bahkan lebih.Ia mendarat hanya untuk bertengger dan bertelur di pohon atau di tebing.
By : Ryan

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer