JAVA PROGRAMMING

      1.      Sekilas Bahasa Pemograman

Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar mempunyai fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

 2.     Pengenalan Java
      
 Dalam Java ada 2 jenis program berbeda, yaitu aplikasi dan applet. Keduanya merupakan bagian dari execute, dimana execute merupakan salah satu fase kelima dalam siklus program Java. Aplikasi adalah program yang biasanya disimpan dan di eksekusi dari komputer lokal. Applet adalah program yang biasanya disimpan pada komputer yang jauh,yang dikoneksikan pemakai lewat web browser. Komputer jauh menjalakan web server yang memberi layanan terhadap permintaan web browserKebanyakan bahasa pemrograman modern berdiri di atas pustaka-pustaka kelas yang telah ada untuk mendukung fungsionalitas bahasanya. Pada bahasa Java, kelompok-kelompok kelas yang berkaitan erat dimasukkan dalam satu paket, bervariasi sesuai edisi Java.

- Pengenalan User Interface Aplikasi yang digunakan

Graphic User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text.

Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.

Kalau dilihat pengertian tentang GUI secara umum adalah Interaksi yang dapat dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang diperlihatkan dalam modus grafik. Contoh implementasi GUI-based shell ini adalah pada sistem operasi Microsoft Windows.

Jenis-jenis GUI diantara lain
·        AWT (Abstract Window Toolkit)
·        SWT (Standart Widget Toolkit)
·        Java Swing

3.      Dasar-dasar pemrograman Java

- Tipe data dan Variabel

Variable adalah tempat untuk menyimpan sebuah data atau nilai/value pada memori ataumerupakan container yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai pada sebuah program dengan tipe tertentu.

Pada dasarnya ada dua macam tipe variabel data dalam bahasa Java, yaitu tipe primitif dan tipe reference. 

Tipe primitif meliputi:
·         Tipe boolean
·         Tipe numeric (Byte, Short, Int, Long, Char, Float, Double)
·         Tipe data variabel reference terdiri :
·         Tipe class
·         Tipe array
·         Tipe interface
  
-         -  Operator aritmatika, logika dan Relasional

Pengertian Operator
Operator atau tanda operasi adalah suatu tanda atau simbol yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan suatu operasi atau manipulasi. Operasi atau manipulasi mencakup ungkapan yang dibuat dari operand dan operator.

Macam-macam operator :
1.      Operator aritmatika
Operator aritmatika digunakan untuk melakukan operasi matematika, seperti penambahan, pengurangan, pembagian, dan modulo (atau sisa pembagian).
Contoh penggunaan :
+ Operator penjumlahan (juga sebagai penyambung string)
–  Operator pengurangan
* Operator perkalian
/ Operator pembagian
% Operator sisa pembagian
2.      Operator Relasi / Hubungan
Operator relasi biasa digunakan untuk membandingkan dua buah nilai. Operator relasi menghasilkan kondisi BENAR atauSALAH.

Contoh penggunaan :

Sama dengan ( = )
Tidak sama dengan ( <> )
Lebih dari ( > )
Kurang dari ( < )
Lebih dari sama dengan ( >= )
Kurang dari sama dengan ( <= )
3.      Operator Logika
Operator logika biasa digunakan untuk menghubungkan dua buah ungkapan kondisi menjadi sebuah ungkapan kondisi. Operator-operator ini berupa :


              -  Statik dan Dinamik

Statik adalah pengaturan routing paling sederhana yang dapat dilakukan pada jaringan komputer. Menggunakan routing statik murni dalam sebuah jaringan berarti mengisi setiap entri dalam forwarding table di setiap router yang berada di jaringan tersebut. Namun Anda tentu dapat membayangkan bagaimana jika harus melengkapi forwarding table di setiap router yang jumlahnya tidak sedikit dalam jaringan yang besar. Apalagi jika Anda ditugaskan untuk mengisi entri-entri di seluruh router di Internet yang jumlahnya banyak sekali dan terus bertambah setiap hari.

Dinamik adalah cara yang digunakan untuk melepaskan kewajiban mengisi entri-entri forwarding table secara manual. Protokol routing mengatur router-router sehingga dapat berkomunikasi satu dengan yang lain dan saling memberikan informasi routing yang dapat mengubah isi forwarding table, tergantung keadaan jaringannya. Dengan cara ini, router-router mengetahui keadaan jaringan yang terakhir dan mampu meneruskan datagram ke arah yang benar. Dengan kata lain, routing dinamik adalah proses pengisian data routing di table routing secara otomatis.

4.      Struktur Kontrol

Pada Java juga menyediakan struktur kontrol program untuk pemilihan maupun pengulangan. Perintah yang digunakan dalam struktur kontrol ini juga hampir mirip.

- IF Tunggal
   Pernyataan control IF Tunggal adalah kondisi dimana pernyataan control hanya memiliki 1 buah        pernyataan if.

   Bentuk Umum dari pernyataan IF Tunggal adalah :
   if (kondisi)
                        Perintah;
Penjelasan :
Jika kondisi benar, maka perintah akan di jalankan.

- IF Majemuk
   Pernyataan control IF Majemuk adalah kondisi dimana pernyataan control memiliki lebih dari 1          buah pernyataan if.
   Bentuk Umum dari pernyataan IF Majemuk adalah :
   if (kondisi 1)
                        perintah 1;
                if (kondisi 2)
                        perintah 2;
                …………. dst
                if (kondisi ke-n)
                        perintah ke-n;

   Selain bentuk umum di atas, juga bisa di tulis dalam bentuk pernyataan if – else seperti berikut ini :
   if (kondisi 1)
                        perintah 1;
                if (kondisi 2)
                        perintah 2;
                …………. dst
                if (kondisi ke-n)
                        perintah ke-n;

Penjelasan :
Jika kondisi 1 bernilai true, maka perintah 1 yang akan di jalankan, jika kondisi 2 yang bernilai true, maka perintah 2 yang akan dijalankan, dan seterusnya sampai dengan kondisi ke-n.

- Switch dan Break

Perintah switch memungkinkan untuk melakukan sejumlah tindakan berbeda terhadap sejumlah kemungkinan nilai.
switch (ekspresi) {
case nilai1 :
pernyataan1;
break;
case nilai2 :
pernyataan2;
break;
default: pernyataanN;
}
Pernyataan break digunakan untuk mengakhiri eksekusi switch. Namun adakalanya break justru tidak diberikan pada bagian case tertentu. Tujuannya adalah agar eksekusi dilanjutkan ke pernyataan yang ada di bawahnya.

5.      Struktur Pengulangan

      Struktur perulangan yang dapat melakukan perulangan sederet intruksi sesuai persyaratan yang         ditetapkan

- For
Struktur perulangan for, biasanya membutuhkan 4 perintah, yaitu:
  • Kondisi awal perulangan
  • Kondisi akhir perulangan
  • Baris program yang akan diulang
  • Increment / kenaikkan dalam setiap perulangan

Berikut adalah format dasar yang digunakan dalam struktur for:

for (kondisi_awal, kondisi_akhir, increment)
    //baris program yang akan diulang


- While
Cara penulisan perulangan WHILE mirip dengan stuktur logika IF, yakni kondisi perulangan akan diperiksa di awal. Jika kondisi bernilai TRUE, maka perulangan akan terus dilakukan sampai dengan nilai kondisi bernilai FALSE.

Berikut adalah penulisan dasar perulangan WHILE:
while (kondisi)
{
   //kode program
   counter
}
Kondisi akan selalu diperiksa pada setiap perulangan, dan kita bisa ‘mengendalikan’ kondisi ini pada bagian counter di dalam perulangan.

 - Do While
Struktur perulangan DO WHILE sebenarnya adalah bentuk lain dari perulangan WHILE. Perbedaan keduanya terletak pada posisi pengecekan kondisi. Apabila dalam perulangan WHILEkondisi di cek pada awal perulangan, pada perulangan DO WHILE, kondisi perulangan di cek pada akhir perulangan.

Berikut adalah contoh kode program untuk perulangan DO WHILE di dalam JavaScript:







<script>
var i=1;
do
{
   console.log("Saya sedang belajar JavaScript");
   i++;
}
while (i<=10)
</script>

6.      Array

Dalam pendeklarasian variabel, kita sering menggunakan sebuah tipe data beserta nama variabel atau identifier yang unik. Apabila kita ingin menggunakan variabel tersebut, kita akan memanggil dengan nama identifier-nya.

- Array Satu Dimensi

Elemen-elemen array dapat diakses oleh program menggunakan suatu indeks tertentu. Pengaksesan elemen array dapat dilakukan berurutan atau random berdasarkan indeks tertentu secara langsung.

Pengisian dan pengambilan nilai pada indeks tertentu dapat dilakukan dengan mengeset nilai atau menampilkan nilai pada indeks yang dimaksud.

- Array DuaDimensi
Array dua dimensi sering kali digambarkan/dianalogikan sebagai sebuah matriks atau bentuk grid. Jika array berdimensi satu hanya terdiri dari 1 baris dan banyak kolom, array berdimensi dua terdiri dari banyak baris dan banyak kolom yang bertipe sama.


Komentar

Postingan Populer