JAVA PROGRAMMING
1. Sekilas Bahasa Pemograman
Bahasa
Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk
memerintah komputer agar mempunyai fungsi tertentu. Bahasa
pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik
yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.
2. Pengenalan Java
Dalam Java ada 2 jenis program berbeda, yaitu aplikasi dan applet.
Keduanya merupakan bagian dari execute, dimana execute merupakan
salah satu fase kelima dalam siklus program Java. Aplikasi adalah
program yang biasanya disimpan dan di eksekusi dari komputer lokal. Applet adalah
program yang biasanya disimpan pada komputer yang jauh,yang dikoneksikan
pemakai lewat web browser. Komputer jauh menjalakan web
server yang memberi layanan terhadap permintaan web browser. Kebanyakan bahasa pemrograman modern berdiri
di atas pustaka-pustaka kelas yang telah ada untuk mendukung fungsionalitas
bahasanya. Pada bahasa Java, kelompok-kelompok kelas yang berkaitan erat
dimasukkan dalam satu paket, bervariasi sesuai edisi Java.
- Pengenalan User Interface Aplikasi yang
digunakan
Graphic User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java yang
dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan
beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text.
Komponen-konponen tersebut
bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user
menggunakan program yang dibuat tersebut.
Kalau dilihat pengertian
tentang GUI secara umum adalah Interaksi yang dapat dilaksanakan oleh user
melalui menu dan icon yang diperlihatkan dalam modus grafik. Contoh implementasi
GUI-based shell ini adalah pada sistem operasi Microsoft Windows.
Jenis-jenis GUI diantara
lain
· AWT (Abstract Window
Toolkit)
· SWT (Standart Widget
Toolkit)
· Java Swing
3. Dasar-dasar pemrograman
Java
- Tipe data dan Variabel
Variable adalah tempat untuk menyimpan
sebuah data atau nilai/value pada memori ataumerupakan container yang digunakan
untuk menyimpan suatu nilai pada sebuah program dengan tipe tertentu.
Pada dasarnya ada dua macam tipe variabel data dalam bahasa Java, yaitu tipe primitif dan tipe reference.
Tipe primitif meliputi:
Pada dasarnya ada dua macam tipe variabel data dalam bahasa Java, yaitu tipe primitif dan tipe reference.
Tipe primitif meliputi:
· Tipe
boolean
· Tipe
numeric (Byte, Short, Int, Long, Char, Float, Double)
· Tipe
data variabel reference terdiri :
· Tipe
class
· Tipe
array
· Tipe
interface
- - Operator aritmatika, logika
dan Relasional
Pengertian Operator
Operator atau tanda operasi adalah
suatu tanda atau simbol yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan
suatu operasi atau manipulasi. Operasi atau manipulasi mencakup ungkapan yang
dibuat dari operand dan operator.
Macam-macam operator :
1. Operator aritmatika
Operator
aritmatika digunakan untuk melakukan operasi matematika, seperti penambahan,
pengurangan, pembagian, dan modulo (atau sisa pembagian).
Contoh
penggunaan :
+
Operator penjumlahan (juga sebagai penyambung string)
–
Operator pengurangan
*
Operator perkalian
/
Operator pembagian
%
Operator sisa pembagian
2. Operator Relasi / Hubungan
Operator relasi
biasa digunakan untuk membandingkan dua buah nilai. Operator relasi
menghasilkan kondisi BENAR atauSALAH.
Contoh penggunaan
:
Sama dengan ( = )
Tidak sama dengan ( <> )
Lebih dari ( > )
Kurang dari ( < )
Tidak sama dengan ( <> )
Lebih dari ( > )
Kurang dari ( < )
Lebih
dari sama dengan ( >= )
Kurang dari sama dengan ( <= )
Kurang dari sama dengan ( <= )
3. Operator
Logika
Operator logika biasa digunakan
untuk menghubungkan dua buah ungkapan kondisi menjadi sebuah ungkapan kondisi.
Operator-operator ini berupa :
- Statik dan Dinamik
Statik adalah pengaturan routing paling
sederhana yang dapat dilakukan pada jaringan komputer. Menggunakan routing
statik murni dalam sebuah jaringan berarti mengisi setiap entri dalam
forwarding table di setiap router yang berada di jaringan tersebut. Namun Anda
tentu dapat membayangkan bagaimana jika harus melengkapi forwarding table di
setiap router yang jumlahnya tidak sedikit dalam jaringan yang besar. Apalagi
jika Anda ditugaskan untuk mengisi entri-entri di seluruh router di Internet
yang jumlahnya banyak sekali dan terus bertambah setiap hari.
Dinamik adalah cara yang digunakan untuk
melepaskan kewajiban mengisi entri-entri forwarding table secara manual.
Protokol routing mengatur router-router sehingga dapat berkomunikasi satu dengan
yang lain dan saling memberikan informasi routing yang dapat mengubah isi
forwarding table, tergantung keadaan jaringannya. Dengan cara ini,
router-router mengetahui keadaan jaringan yang terakhir dan mampu meneruskan
datagram ke arah yang benar. Dengan kata lain, routing dinamik adalah proses
pengisian data routing di table routing secara otomatis.
4. Struktur Kontrol
Pada Java juga menyediakan
struktur kontrol program untuk pemilihan maupun pengulangan. Perintah yang
digunakan dalam struktur kontrol ini juga hampir mirip.
- IF Tunggal
Pernyataan control IF Tunggal adalah kondisi dimana pernyataan
control hanya memiliki 1 buah pernyataan if.
Bentuk
Umum dari pernyataan IF Tunggal adalah :
if (kondisi)
Perintah;
Penjelasan :
Jika
kondisi benar, maka perintah akan di jalankan.
- IF Majemuk
Pernyataan control IF Majemuk
adalah kondisi dimana pernyataan control memiliki lebih dari 1 buah pernyataan
if.
Bentuk Umum dari pernyataan IF Majemuk adalah
:
if (kondisi 1)
perintah 1;
if (kondisi 2)
perintah 2;
…………. dst
if (kondisi ke-n)
perintah ke-n;
Selain bentuk umum di atas, juga bisa di
tulis dalam bentuk pernyataan if – else seperti berikut ini :
if (kondisi 1)
perintah 1;
if (kondisi 2)
perintah 2;
…………. dst
if (kondisi ke-n)
perintah ke-n;
Penjelasan :
Jika kondisi 1 bernilai true, maka perintah 1
yang akan di jalankan, jika kondisi 2 yang bernilai true, maka perintah 2 yang
akan dijalankan, dan seterusnya sampai dengan kondisi ke-n.
- Switch dan Break
Perintah switch
memungkinkan untuk melakukan sejumlah tindakan berbeda terhadap sejumlah
kemungkinan nilai.
switch (ekspresi) {
case nilai1 :
pernyataan1;
break;
case nilai2 :
pernyataan2;
break;
default: pernyataanN;
}
Pernyataan break digunakan untuk mengakhiri eksekusi switch. Namun
adakalanya break justru tidak diberikan pada bagian case tertentu. Tujuannya adalah agar
eksekusi dilanjutkan ke pernyataan yang ada di bawahnya.
5. Struktur Pengulangan
Struktur perulangan yang
dapat melakukan perulangan sederet intruksi sesuai persyaratan yang ditetapkan
- For
Struktur perulangan for, biasanya membutuhkan 4 perintah, yaitu:
- Kondisi awal perulangan
- Kondisi akhir perulangan
- Baris program yang akan diulang
- Increment / kenaikkan dalam setiap perulangan
Berikut adalah format
dasar yang digunakan dalam struktur for:
for (kondisi_awal,
kondisi_akhir, increment)
//baris program
yang akan diulang
|
- While
Cara penulisan perulangan WHILE mirip dengan stuktur
logika IF, yakni kondisi perulangan
akan diperiksa di awal. Jika kondisi bernilai TRUE, maka
perulangan akan terus dilakukan sampai dengan nilai kondisi bernilai FALSE.
Berikut adalah penulisan
dasar perulangan WHILE:
while (kondisi)
{
//kode program
counter
}
|
Kondisi akan
selalu diperiksa pada setiap perulangan, dan kita bisa ‘mengendalikan’ kondisi ini
pada bagian counter di dalam perulangan.
- Do While
Struktur perulangan DO WHILE sebenarnya adalah bentuk lain
dari perulangan WHILE. Perbedaan keduanya terletak pada
posisi pengecekan kondisi. Apabila dalam perulangan WHILEkondisi di cek
pada awal perulangan, pada perulangan DO WHILE,
kondisi perulangan di cek pada akhir perulangan.
Berikut adalah contoh kode
program untuk perulangan DO WHILE di dalam JavaScript:
|
<script>
var i=1;
do
{
console.log("Saya sedang
belajar JavaScript");
i++;
}
while (i<=10)
</script>
|
6. Array
Dalam pendeklarasian variabel, kita sering menggunakan sebuah tipe data beserta
nama variabel atau identifier yang unik. Apabila kita ingin
menggunakan variabel tersebut, kita akan memanggil dengan nama identifier-nya.
- Array Satu Dimensi
Elemen-elemen array dapat
diakses oleh program menggunakan suatu indeks tertentu. Pengaksesan elemen
array dapat dilakukan berurutan atau random berdasarkan indeks tertentu secara
langsung.
Pengisian dan pengambilan
nilai pada indeks tertentu dapat dilakukan dengan mengeset nilai atau menampilkan
nilai pada indeks yang dimaksud.
- Array DuaDimensi
Array dua dimensi sering
kali digambarkan/dianalogikan sebagai sebuah matriks atau bentuk grid. Jika array
berdimensi satu hanya terdiri dari 1 baris dan banyak kolom, array berdimensi
dua terdiri dari banyak baris dan banyak kolom yang bertipe sama.
Komentar
Posting Komentar